Senin, 12 Maret 2012

Cara Mengatur Brightness Pada Ubuntu

Masalah kontrol hotkey brightness ini sudah saya alami sejak memakai ubuntu 9.10 dulu. Pada laptop saya ini (Acer Aspire 4736), cara untuk mengatur kecerahan layar adalah dengan cara menekan tombol hotkey Fn + Panah Kanan/Kiri, kontrol ini berfungsi normal di Windows, namun di ubuntu, tidak berfungsi! Meskipun notifikasi/tanda bahwa layar dicerahkan/diredupkan muncul, tapi tkondisi kecerahan layar masih tetap. Saya tidak bisa mengatur tingkat kecerahan/keterangan layar.

Fn + Tombol panah Kanan/Kiri
.

Notifikasi memang muncul, tapi layar tetep terang
Akibatnya, mata saya sering kali terasa pedas, karena tidak bisa meredupkan kecerahan layar ini, sangat mengganggu. Setelah browsing-browsing-browsing ternyata banyak juga pengguna laptop ini yang mengalami hal serupa. Tapi alhamdulillah, ketemu juga cara untuk mengakali hal ini. Sebaris command di terminal berikut ini:
$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=xx
NB: ganti dua karakter xx di belakang dengan sepasang nilai hexa ( 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F ), misalnya:
$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=00
akan menjadikan layar pada kondisi kecerahan maksimum (sangat cerah), dan:
$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=ff
akan menjadikan layar pada kondisi kecerahan minimum (sangat gelap - layar hitam).
Biasanya saya mengaturnya pada nilai 55 untuk pemakaian biasa, dan kalau kondisi sekitar agak gelap, saya atur dengan nilai bb.
Silahkan dicoba :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India